5 Pasukan Elit Terhebat Di Indonesia

 Unik
Sebagai negara kepulauan dengan jumlah penduduk yang banyak, keberadaan militer untuk menjaga pertahanan dan kesatuan negara Indonesia tentu sangat diperlukan. Di Indonesia terdapat Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.
Dalam tubuh TNI sendiri terdapat berbagai pasukan elit seperi Kopaska, Paskhas, Kopassus dan masih banyak lagi lainnya. Setiap pasukan elit memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan kemampuan pasukan biasa. Artikel berikut akan mengupas 5 Pasukan Elit Terhebat Di Indonesia.
1.      Satuan Penanggulangan Teror (Sat Gultor) 81 Kopassus

Kopassus-terbaik-dunia

     Salah satu pasukan elit kebanggaan Indonesia adalah Sat Gultor 81 Kopassus. Satuan elit ini terbentuk pada awal tahun 1980-an ketika insiden pembajakan pesawat marak terjadi pada era tahun 1970-an hingga 1980-an. Berdirinya Den-81 ini tidak terlepas dari peristiwa pembajakan pesawat Garuda DC-9 Woyla di Bandara Don Muang, Bangkok, Thailand pada 31 Maret 1981.

Pasukan elit yang dikirim untuk misi pembebasan dalam peristiwa pembajakan inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Den-81 dan kemudian diganti namanya menjadi Satuan 81 Penanggulangan Teror (Sat-81 Gultor). Sat-81 Gultor ini bertugas dalam melakukan tugas anti terror di berbagai medan, mulai dari gedung, bus, kapal laut, pesawat, hingga hutan belantara sekalipun.
Salah satu misi Sat-81 Gultor yang terbilang berhasil yakni pembebasan 26 orang sandera tawanan GPK Kelly Kwalik di tanah Papua pada 15 Mei 1996. Namun keberhasilan yang paling diingat dalam sejarah yakni operasi pembebasan pembajakan pesawat Garuda di Bangkok.

 

2.      Denjaka (Detasemen Jala Mangkara)
Denjaka – pic by teguh22

pasukan-khusus-Denjaka

       Denjaka atau Detasemen Jala Mangkara merupakan detasemen pasukan khusus TNI-AL yang dibentuk berdasarkan instruksi Panglima TNI kepada Komandan Korps Marinir No Isn.01/P/IV/1984 tanggal 13 November 1984.
Denjaka sendiri merupakan penggabungan antara personel Kopaska dan Taifib Korps Marinir TNI Angkatan laut yang berada di bawah payung TNI Angkatan Laut. Denjaka sendiri memiliki peran penting dalam menjaga wilayah perairan nusantara Indonesia dan bertugas sebagai anti terror dan anti sabotase di laut dan wilayah pantai.
Para anggota Denjaka dididik dan dilatih di Bumi Marinis Cilandak dalam sebuah pendidikan PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Kemampuan yang mereka miliki inilah yang akan dipakai untuk menanggulangi terror di laut.
3.      Tontaipur (Peleton Intai Tempur)

5 Pasukan elit terhebat di Indonesia
Tontaipur Indonesia – pic by klimg

 

     Peleton Intai Tempur atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tontaipur ini merupakan pasukan elit Kostrad yang baru brdiri pada tanggal 4 Agustus 2001 silam. Pasukan Tontaipur bertugas melakukan misi pengintaian jarak jauh dalam ke dalam wilayah musuh dan melakukan penghancuran target-target penting musuh.
Kemampuan personel Tontaipur tidak perlu diragukan lagi karena mereka memiliki kemampuan sama baiknya baik di darat, laut maupun udara. Tugas pertama yang diemban Tontaipur adalah memberantas gerakan separatis Gerakan Aceh Merdeka di bumi Nanggroe Aceh Darusalam.

 

4.      Raider

Pasukan Elit terhebat di Indonesia
Batalyon Raider – pic by abangdetak
    Salah satu pasukan elite kebanggaan Indonesia adalah Raider. Batalyon Raider merupakan pasukan elit milik infanteri TNI. Pada 22 Desember 2003, sepuluh batalyon raider resmi didirikan dimana merupakan penggabungan 8 yonif pemukul Kodam dan 2 yonif Kostrad.
Kekuatan satu batalyon raider sama dengan tiga kali lipat kekuatan yonif (batalyon ifanteri) biasa dalam tubuh TNI. Para anggota raider memperoleh pendidikan dan pelatihan khusus selama enam bulan untuk kemampuan dalam perang modern, anti-gerilya dan perang berlarut.
Selain itu, para raider dilatih pula untuk melakukan terjun dari helicopter, kemampuan anti-teror dan kemampuan melakukan penyergapan. Keahlian mereka tiga kali lipat kemampuan yonif biasa. Sebagai informasi tambahan, satu batalyon terdiri dari 747 prajurit. 50 orang prajurit dari 747 personel tersebut memiliki kemampuan lebih dari rekan-rekannya. Kemampuan tersebut diasah secara khusus di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus di Batujajar, Jawa Barat.
5.      Den-Bravo 90
Pasukan Elit Indonesia
Den Bravo 90 – pic by militaryzone

 

       Pasukan elit Den-Bravo 90 atau Detasemen Bravo 90 dibentuk pada tahun 1990 dalam lingkungan Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara merujuk pada buah pemikiran Jenderal Guilio Douchet. Kata “Bravo” sendiri brarti yang terbaik. Tentu sebutan ini dipandang sangat cocok mengingat peran vital Den-Bravo 90 dalam menjalankan tugas negara.
Den-Bravo 90 memiliki tugas utama menghancurkan kekuatan udara musuh dengan jalan menghancurkan pangkalan serta peralatan tempura tau alutsista lawan di darat ketimbang harus melakukan pertempuran udara. Untuk itu pula tugas spionase kekuatan udara musuh, melakukan penetralan kekuatan udara lawan serta menjalankan operasi-operasi khusus sesuai kebijakan yang dikeluarkan petinggi militer TNI dalam hal ini Panglima TNI.

 

Itu tadi 5 Pasukan elit terhebat di Indonesia. Kelima pasukan elit ini menjadi tumpuan masyarakat Indonesia dalam menjaga pertahanan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penilaian dan urutan bukan menjadi ukuran tingkat kemampuan, tetapi lebih dari itu, kelima pasukan khusus ini telah banyak memberikan pengabdian bagi tanah air tercinta. Bila Anda memiliki komentar berbeda, silahkan tinggalkan komentar Anda di kotak komentar di bawah ini. 🙂

 

                                                       * * * * * * * *

Dari berbagai sumber

 

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Hosting Cloud Murah

Related Posts

3 Responses

  1. Karsan DsApr 5, 2014 at 8:46 amReply

    Raider tidak pantas di masukkan sebagai pasukan elite
    sejarahnya di darurat militer aceh raider tdk pernah menorehkan prestasi cara berperangnya kayak anak tk belajar perang tdk mempunyai militansi sama sekali
    saat ada musuhpun mereka menggagalkan semua strategi, dan mungkin tolong cari tau siapa yg melatih raider d aceh agar menjadi prajurit yg bisa perang gunung hutan
    pasukan yg melatih mereka adalah pasukan yg mempunyai prestasi peringkat satu dan dua dlm keberhasilan oprasi d aceh kopassuspun mengakui pasukan ini karna pernah berkali2 kopassuspun harus mengakui kehebatanya
    Salah satu contoh kopassus pernah salah kontak tembak dgn pasukan ini pada malam yg gelap d hutan sama2 sal8ng gerak kopassus yg tnpa kordinasi memasuki cordinat pasukan ini dan kopassus mengetahui kalo ada psukan entah itu kawan atau lawan kopassus asal nembak aja dan posisi kopassus sangat menguntungkan di ketinggian dan pasukan ini berada di lembah karna kopassus merasa paling hebat mereka tetap tdk mau mengalah sampai semua munisi habis granat semua habis
    tapi apa yg terjadi anggota kopassus terbunuh dua dan pasukkan ini tdk terbunuh seorangpun hingga kopassuspun sangat segan sampai sekarang dengan pasukan ini
    ini kisah nyata bisa d cari sumber infonya dan kami harapkan tolong d cek lg dlm pencantuman pasukan elit karna raider belum pantas d cantumkan sebagai pasukan elite

  2. MirzaDec 11, 2014 at 12:37 pmReply

    Kurang 1 gan….
    Satpol PP jg

  3. Man NyunSep 29, 2015 at 8:02 pmReply

    Betul,gan..Satpol PePe paling elit..modal tongkat aja satu pasar bisa kisruh..

Leave a Reply