Cara Memasang Favicon Pada Blog

 Blog, Tutorial
    Selamat siang sobat Caritahu. Apa kabar hari ini? Semoga sehat-sehat saja. Siang ini Caritahu akan berbagi tips Cara Membuat Favicon Pada Blog. Favicon sendiri adalah logo blog dengan tampilan lebih kecil yang akan tampak pada taskbar atau tab sebuah web browser. Sobat bisa mendesain sendiri logo favicon tersebut menggunakan beberapa software design seperti Photoshop, Corel Draw dan lain-lain. Ada dua cara yang paling umum dalam membuat favicon.

Cara Memasang Favicon pada blog – piv by bdigg

   Pertama, dengan memanfaatkan layanan situs-situs favicon maker atau favicon generator yang gratis di internet. Situs-situs internet yang menyediakan secara gratis tersebut seperti FaviconFavicon Generator, Faviconist dan GenFavicon. Untuk situs-situs tersebut, sobat hanya perlu melakukan upload gambar yang ingin dijadikan favicon dan gambar tersebut akan dikonvert menjadi favicon. Setelah dikonvert, silahkan upload ke salah satu provider hosting gambar seperti Photobucket. Saya juga memakai jasa Photobucket yang gratisan.
  Setelah  sobat sudah mendapatkan url image favicon tersebut dari hosting image, buka RANCANGAN, lalu EDIT HTML dan jangan lupa untuk melakukan centang EXPAND TEMPLATE. Cari kode <b:skin><![CDATA[. Untuk mempermudah proses pencarian, gunakan tombol CTRL + F. Kemudian, letakkan kode berikut di atas kode <b:skin><![CDATA[.

            <link href=’masukkan kode url gambar‘ rel=’shotcut icon’/>

Maka, hasilnya akan tampak seperti ini :

            <link href=’http://i936.photobucket.com/albums/ad208/dennyneonnub/CariTahuLogoFavicon-1.jpg‘ rel=’shotcut icon’/>
                 <b:skin><![CDATA[

Ganti tulisan warna Merah di atas dengan kode gambar sobat. Setelah itu SAVE TEMPLATE dan lihat hasilnya. Bagaimana, mudah bukan?

    Cara kedua lebih mudah. Dari DASBOR blogspot, masuk ke TATA LETAK dan klik tombol Edit Favicon yang ada di pojok kiri blog sobat seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Cara Memasang Favicon Pada Blog 
Klik Edit dan silahkan meng-upload gambar yang ingin dijadikan favicon. Setelah itu klik SIMPAN
Sampai di sini, proses untuk membuat Favicon blog selesai. Semoga artikel ini bermanfaat. Bila ingin bertanya, silahkan tinggalkan komentar sobat di kotak di bawah ini.
                                                                     * * * * * * * *
Dari berbagai sumber

Related Posts

Leave a Reply