Sejarah Blog

 Blog, Tutorial, Unik
Tampilan awal Justin’s Home, blog pertama di dunia

     Mendengar kata ‘blog’ tentu semua orang yang setiap hari bergiat dengan teknologi tentu sangat mengenal peranngkat yang satu ini. Pada zaman super canggih dengan kemajuan teknologi yang pesat, kehadiran blog tentunya buka lagi barang baru bagi kita. Banyak orang kini memanfaatkan media blog sekedar untuk membagi pengalaman lewat beragam cerita atau diary blog, ada juga yang berbagi informasi, sharing pengalaman, pengetahuan bahkan ada yang juga kini menjadikan blog sebagai media meraup profit yang besar.

Justin Hall

         Blog sendiri berasal dari kata “Web log” di mana Web berarti situs internet sedangkan Log sendiri memiliki pengertian sebagai catatan pribadi ataupun catatan harian. Cikal bakal kegiatan blogging atau kegiatan membuat pertama kali dikenal pada tahun 1993 melalui sebuah halaman What’s New pada browser Mosaic, browser generasi pertama, jauh sebelum kehadiran Internet Explorer, Nestcape, bahkan Mozila dan Opera. Pada bagian plugin dari browser Mosaic ini terdapat beragam informasi terbaru dan menarik. Halaman tersebut dikreasikan oleh Marc Andersen, seorang pakar IT dan pengusaha berkebangsaan Amerika Serikat.

         Memasuki tahun 1994, Justin Hall, seorang pemuda asal Amerika Serikat yang membuat sebuah situs pribadi sederhana yang kemudian diberi nama Justin’s Home Page. Nama ini kemudian berubah menjadi Links From The Underground dan kemudian menjadi blog pertama yang kita kenal hingga saat ini.

        Perkembangan blog kala itu tidaklah sepesat sekarang. Hingga tahun 1998 pun jumlah blog masih sangat minim. Hal ini tentulah beralasan mengingat untuk membuat sebuah blog pada masa itu dibutuhkan ketrampilan dan pengetahuan khusus pada bidang pembuatan website (website designer), bahasa HTML-Hyper Text Markup Language dan web hosting. Karena itulah blog menjadi sangat awam bagi mereka yang tidak bergiat dalam bidang tersebut.

Marc Andersen

       Namun fenomena itu segera berganti memasuki tahun 1999 di mana blog mulai menjamur, ribuan blogger mulai bermunculan. Ada banyak topic yang diurai, mulai dari masalah social, ekonomi, politik, budaya, hingga unek-unek pribadi dan hal-hal lucu dan konyol menjadi wajah baru dari generasi blog tersebut.

      Hingga kini tercatat telah jutaan blog yang dibuat dengan beragam tema dan memanfaatkan fasilitas blogging gratis alias tidak bayar seperti Blogspot.com dan WordPress

       Selain itu, para penyedia jasa blog gratis ini juga memberikan banyak kemudahan yang simple sehingga semua orang bisa membuat blog tanpa harus banyak mengerti tentang bahasa HTML atau lainnya.

Anda tertarik untuk membuat blog ? Tunggu apa lagi, ayo buat blog dari sekarang.

Terima Kasih sudah membaca artikel ini. Berikan komentar Anda terkait artikel ini….:)

                                                                  * * *

*Dari berbagai sumber.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Hosting Cloud Murah

Related Posts

Leave a Reply