Tata Krama Chatting Di Internet

 Bijak, Tekno
    Pada masa sekarang, jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Yahoo Messenger (YM), Skype dll menjadi media pergaulan sosial dunia maya. Kehadiran jejaring sosial ini mendekatkan hubungan antarmanusia semakin sempit tanpa dibatasi jarak dan waktu. Salah satu fitur andalan yang diberikan secara gratis oleh layanan jejaring sosial seperti Facebook, YM dan Skype adalah chat room atau ruang untuk mengobrol. Namun tahukah Anda bila dalam berdinamika sosial di dalam dunia maya, kita sebagai pengguna internet juga perlu menjunjung tinggi tata krama dalam ber-chatting di jejaring sosial tersebut. Berikut ulasannya :

Tata krama chatting di internet
Tata krama chatting di internet

1. Selalu Ucapkan Perkenalan
    Bila Anda melakukan chatting (obrolan) dengan orang yang baru, sebaiknya diawali ucapan salam dan diikuti dengan memperkenalkan diri. Selain itu, ada baiknya juga menggunakan nama asli sehinggga akan sangat membantu dalam proses pertemanan selanjutnya. Sikap jujur sangat diperlukan dalam konteks ini. Tanyakan juga hobi teman baru Anda, siapa sangka dia bisa menjadi mitra yang baik dalam sharing hobi yang sama ataupun berbeda.
2. Jangan Gunakan Huruf Kapital/Besar
    Salah satu pantangan atau larangan dalam ber-chatting adalah hindari penggunaan huruf besar atau kapital. Dalam dunia internet, huruf kapital menunjukkan ekspresi marah. Untuk itu hindari penggunaan huruf kapital sehingga tidak menyinggung teman chatting.
3. Jangan Agresif
    Kebanyakan orang yang memanfaatkan media sosial seperti Facebook sering bersikap agresif terhadap teman chatting-nya. Misalnya ketika obrolan sudah nyaman, sering ditindaklanjuti dengan meminta nomor atau lamat rumah teman chatting-nya. Bahkan sering juga langsung mengajak untuk kopi darat atau bertemu secara langsung. Mungkin hal ini terbilang wajar namun justru dapat menjadi bumerang bagi Anda sendiri karena jelas sebagian orang memang tidak menginginkan hal-hal privasinya untuk diketahui orang lain seperti nomor HP. Untuk itu, lakukan pendekatan yang sopan dan tunjukkan kalau Anda bisa dipercaya.

4. Pamit Sebelum Offline
    Bila Anda telah memulai sebuah obrolan dalam media jejaring sosial internet dan ingin mengakhiri obrolan tersebut karena urusan lain, sebaiknya sampaikan salam pamit dan alasanyang logis mengapa Anda harus log out atau offline terlebih dahulu. Sikap ini menunjukkan rasa respek atau hormat kita terhadap teman chatting kita.
                                                         * * * * * * * *

Dari berbagai sumber

Related Posts

Leave a Reply