Mengenal Lebih Dekat The Tielman Brothers

 Timor, Unik
Tidak saja Jessica Mauboy ( baca : Jessica Mauboy, artis Australia berdarah Timor Indoneia) yang memiliki darah keturunan Timor (Indonesia) , para personel The Tielman Brothers juga berasal dari Timor, Indonesia.

Mungkin tak banyak diantara kita yang tahu bila band legendaris The Tielman Brothers merupakan band musik tertua asal Indonesia. Personel The Tielman Brothers adalah empat bersaudara. Mereka adalah buah hati dari pasangan Herman Tielman asal Kupang, Timor, NTT dengan Flora Lorine Hess, perempuan berdarah Indo Jerman asal Semarang. 

The Tielman Brothers
The Tielman Brothers


The Tielman Brothers mengawali karir bermusik mereka di Kupang, Timor. Awalnya band yang dimotori Andy Tielman (gitaris), Reggy Tielman (banjo), Ponthon Tielman (contrabass), dan Loulou Tielman (drum) ini bernama The Timor Tielman Brotherssemasa mereka kecil. Karir mereka semakin meningkat ketika mereka telah tinggal di Surabaya pada tahun 1945. Saat itu empat kaka beradik laki-laki dan seorang adik perempuan mereka Jane seringkali tampil membawakan beragam lagu dan tari-tarian daerah. 
Bakat bermusik mereka diturunkan dari sang ayah. Ayah mereka, Herman Tielman, yang menjabat sebagai kapten tentara KNIL sering mengajak teman-temannya berkumpul di rumahnya di Surabaya. Para teman ayah mereka terpukau melihat penampilan The Tielman Brothers dalam sebuah acara pesta di rumah mereka. Melihat performa The Tielman Brothers yang memukau, mereka kemudian banyak diundang ke berbagai acara di Surabaya. Grup musik The Tielman Brothers juga pernah tampil di Istana Negara Jakartadihadapan PresidenSoekarno.

The Tielman Brothers asal Indonesia
Personel The Tielman Brothers semasa kecil
Karir The Tielman Brothers semakin menanjak dan mencapai puncak kejayaan ketika mereka hijrah ke negeri kincir angin, Belanda, di kota Breda pada tahun 1957 dan memulai proyek rekaman musik. The Tielman Brothers kemudian menjadi salah satu perintis rock and roll di Belanda. The Tielman Brothers  cukup terkenal, jauh sebelum grup music The Beatles dan The Rolling Stones. Di Eropa, The Tielman Brothers berhasil memadukan musik Indonesia dan Barat dengan latar music keroncong.

The Tielman Brothers
Salah satu aksi panggung The Tielman Brothers
Selain itu, aksi panggung mereka yang atraktif menjadi daya tarik tersendiri. The Tielman Brothers sering tampil melompat-lompat, berguling dan menampilkan permainan gitar, bass dan juga drum yang begitu memukau. Bahkan Andy Tielman sang gitaris sering memamerkan kemampuannya bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan. Gaya ini dipercaya diperkenalkan Andy Tielam jauh sebelum Jimy Hendrix, Ritchie Blackmore dan Jimmy Page. Kendati dikenal luas di Eropa, tetapi nama The Tielman Brothers masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu bila The Tielman Brothers merupakan band legendaris asal Timor, Indonesia. Walaupun telah berada di Belanda, The Tielman Brothers tetap mencintai tanah airnya Indonesia. The Tielman Brothers sering membawakan lagu Bolelebo sehingga band ini juga menjadi duta Bolelebo internasional, memperkenalkan NTT kepada masyarakat dunia.

Akhirnya, semoga informasi ini bermanfaat. Semoga juga semakin banyak anak muda Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di kancah dunia internasional. Salam !!!

Berikut video aksi panggung The Tielman Brothers :


Sumber : Andy Tielman official site dan Youtube

                                                               * * * * * * *

Related Posts

Leave a Reply