Teka-teki Matematika Caritahu 2

 Unik
           Setelah puas membagi Teka-Teki Caritahu pada teman-teman, postingan yang satu ini tentu sedikit berbeda. Kita akan sedikit refreshing dengan bermain teka-teki. Saya menamakannya Teka-teki Caritahu 2 versi saya sendiri. Hehehe… Sebenarnya ini adalah teka-teki Matematika. Tapi saya jamin tidak membosankan. Ini akan sangat menyenangkan. Hehehehe…:) 

teka-teki matematika
         Sebelumnya saya sudah pernah posting artikel ini di blog yang lama. Namun sayangnya artikel tersebut sudah saya remove. Untuk itu tidak ada salahnya saya buat lagi kan. Hehehe…:D. Mungkin banyak teman-teman, mungkin termasuk Anda pernah mendengar, sudah tahu bahkan hafal betul akan trik yang satu ini. Kali ini saya akan share bagi yang belum mengetahui trik dari teka-teki ini. Sangat sederhana triknya.
Daripada kelamaan, langsung saja ikuti step by step berikut ini:
1. Minta teman Anda untuk memikirkan salah satu angka. Yang terpenting angka itu janganlah bilangan desimal, pecahan atau hal rumit lainnya. Angka-angka yang sederhana saja, semisal 1-9, ataupun bilangan-bilangan puluhan. Ini untuk membantu Anda dalam penjumlahan nantinya sehingga tidak membingungkan baik Anda maupun teman Anda. Hehehe….:D. Perlu Anda ketahui, angka tersebut akan menjadi angka pegangan dalam permainan teka-teki nanti.
2. Setelah teman Anda telah menentukan angka pilihannya, minta dia untuk tidak memberitahukan angka yang dipikirkannya itu. Instruksi selanjutnya, minta dia mengalikan angka tersebut (angka yang menjadi pegangannya) dengan angka pilihan Anda, misalnya 2,3,4 dll, sesuka hati Anda. Minta teman Anda melakukannya dalam hati sehingga terkesan Anda tidak mengetahui proses perhitungannya. Hehehehe….:p. Sekali lagi, jangan menggunakan angka desimal dan sebagainya, karena akan merumitkan Anda sendiri.
3.  Hasil dari perkalian tersebut masih menjadi rahasia. Setelah mendapatkan hasil perkalian dari bilangan tersebut, minta teman Anda untuk menjumlahkan hasil perkalian tahap 2 dengan bilangan yang tadi menjadi pegangannya. 
4. Hasil penjumlahan tersebut harus masih menjadi rahasia. Kemudian, minta lagi teman Anda untuk membagi hasil penjumlahan bilangan pada tahap 3 dengan angka yang menjadi pegangannya. Setelah itu, Anda akan dengan mudah mengetahui hasil dari perhitungan tersebut tanpa harus mengetahui angka yang teman Anda pikirkan. Jadi, pada teka-teki ini, Anda hanya menebak hasilnya, bukan angka yang teman Anda pikirkan itu. 
Masih bingung dengan penjelasan saya di atas? Langsung ke contoh saja…..:)
1. Teman Anda memikirkan sebuah angka, misalnya angka 4. Angka 4 ini kemudian menjadi pegangan dalam proses perhitungan nantinya.
2. Sebagai lawan mainnya, Anda juga memiliki satu angka pegangan. Misalnya Anda memilih angka 6. Maka sesuai petunjuk no.2, teman Anda akan mengalikan angka 4 (angka pilihannya) dengan angka 6 pilihan Anda. Bentuknya seperti ini  4×6 = 24
3. Hasil yang kita dapat 24. Dari hasil perkalian awal ini, teman Anda, atas instruksi Anda sesuai petunjuk nomor 3 harus melakukan penjumlahan dengan angka pilihannya. Maka bentuknya seperti ini 24+4 =28
4. Setelah itu, sesuai petunjuk no. 4, minta dia untuk melakukan pembagian dari hasil penjumlahan tersebut (24+4 = 28) dengan angka pilihannya, di mana angka pilihannya sejak awal (dan memang tidak boleh diganti-ganti pada proses selanjutnya). Maka bentuknya akan menjadi 28:4 = 7.
Jadi, hasil akhirnya adalah angka 7.
        Permainan ini sangatlah gampang. Kuncinya terletak pada angka pilihan Anda (dalam contoh ini angka pilihan Anda adalah 6). Setiap hasil perhitungan berdasarkan petunjuk permainan teka-teki ini, adalah +1 dari Angka pilihan Anda. Jadi, misalnya Anda memilih angka 8 sebagai pilihan Anda, maka hasilnya adalah 9. Begitu pun dengan angka 3, maka hasilnya adalah angka 4.
          Intinya adalah Anda tetap mengikuti instruksi permainan ini, mengarahkan orang yang akan Anda ajak bermain teka-teki ini, yang dimulai dari perkalian, penjumlahan dan pembagian. namun perlu diingat, jangan menggunakan bilangan desimal dsb karena hasilnya tidak sesuai dan sedikit merumitkan Anda. Jadi, di sini Anda hanya akan mengetahui hasil perhitungan bukan angka yang teman Anda pikirkan.
Mudah bukan???
Silahkan mencoba dan semoga berhasil. Eitzz….tapi sebelumnya jangan lupa komment dulu kalau ada hambatan atau masih bingung. Saya akan dengan senang hati membantu, semampu saya. Hehehe…
Salam !!!!
                                                                  * * * * * * * *
Jogja, 14 Oktober 2011
Pada sebuah pagi yang cerah…

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Related Posts

Leave a Reply