Inilah Kereta Super Cepat Di Dunia Buatan Jepang

 Unik

Perusahaan The Central Railway Japan Co atau JR Tokai yang bermarkas di Jepang kini sedang merancang kereta super cepat di dunia. Kereta yang diberi nama L-Zero ini dipercaya mampu mencapai kecepatan 500 kilometer per jam.

Kereta tercepat di dunia
Kereta tercepat di dunia

Kereta L-Zero dirancang dengan sistem magnetic levitation atau maglev, tidak memakai roda sehingga kereta akan bergerak melayang di atas jalurnya. Hal ini disebabkan karena adanya maglev atau medan magnet yang tetap menjaga kereta tetap berada di tengah.

Hingga akhir Agustus silam, tepatnya 29 Agustus 2013, pihak JR Tokai telah mencoba prototipe kereta tersebut dengan lima gerbong untuk perjalanan sepanjang 42,8 km.

Pengembangan kereta supercepat ini merupakan baian dari upaya Jepang mengekspor teknologinya ke negara maju seperti Amerika Serikat dan merupakan juga merupakan sebuah upaya strategis dalam penanggulanangan bencana.

Kereta L-Zero sendiri baru akan beroperasi pada tahun 2027 nanti. Bila proyek kereta api super cepat ini bisa diimplementasikan di Indonesia, maka jarak Jakarta dan Jogja yang kurang lebih 577 km tersebut dapat ditempuh hnya dalam waktu 70 menit saja. Ini akan jauh menghemat waktu dan tenaga mengingat perjalanan kereta api Jakarta-Yogyakarta pada umumnya memakan waktu 7-8 jam.

Related Posts

Leave a Reply