10 Gereja Paling Indah Dan Terkenal Di Dunia

 Unik

JAKARTA, ISIWAKTU.com – Bangunan gereja tidak saja menjadi tempat berdoa bagi umat Kristiani. Gereja dengan gaya bangunan yang unik bisa menjadi destinasi wisata. Apalagi, gereja tersebut memiliki nilai historis tersendiri. Berikut isiwaktu.com bagikan 10 Gereja Paling Indah dan Terkenal di Dunia :

1. Gereja Sagrada Familia, Barcelona (Spanyol)
Nama lengkap gereja ini adalah Templo Expiatorio de la Sagrada Familia (Gereja Penebusan Dosa Keluarga Kudus. Namun sebutan tersebut lebih terkenal dengan nama Gereja Sagrada Familia atau Gereja Keluarga Kudus. Gereja umat Katolik ini terletak di Kota Barcelona, Catalonia, Spanyol.

Gereja paling indah di dunia
Gereja Sagrada Familia (wikipedia.com)

Adalah arsitek Catalan Antoni Gaudi (1852-1926) yang merancang keindahan bangunan ini. Konstruksi awal gereja dimulai sejak tahun 1882 dan masih terus dibangun hingga sekarang. Gereja yang terletak di Carrer de Mallorca ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Katedral Saint Basil, Moskow (Rusia)
Katedral unik ini dibangun di Lapangan Merah, Kota Moskow, Rusia dari tahun 1555 hingga 1561 atas perintah Ivan the Terrible. Gereja Ortodoks ini berada di pusat Kota Moskow sehingga sangat menarik minat banyak wisatawan untuk ke sana. Kini, Gereja indah tersebut juga tercatat sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Gereja paling indah di dunia
Katedral Saint Basil (wikipedia.com)

3. Katedral Notre Dame de Paris (Prancis)
Katedral Notre Dame de Paris (Bunda Kita di Paris) merupakan salah satu katedral paling indah di Eropa. Menara katedral yang indah, kaca patri dan patung-patung yang menghiasi katedral memberikan warna keindahan yang tersendiri. Katedral bergaya gothic ini menjadi salah satu ikon wisata religius Kota Paris.

Gereja paling angker di dunia
Katedral Notre Dame de Paris (panduwisata.com)

4. Basilika Santo Petrus, Roma (Italia)
Banyak orang Katolik bermimpi bisa ke Basilika Santo Petrus ini. Dibangun sejak tahun 1506 hingga 1615, Basilika Santo Petrus menjadi salah satu gereja yang sangat megah dan indah. Selain menjadi pusat agama Katolik, Basilikia ini juga menjadi destinasi wisata. Pengunjung bisa menyaksikan karya-karya mastro Michelangelo, termasuk kubah basilika yang dibuat pada 1547. Basilika ini juga menjadi yang paling tinggi di dunia dengan tinggi 126,57 meter.

Gereja paling tua di dunia
Basilika Santo Petrus (ucanews.com)

5. Gereja Westminster Abbey, London (Inggris)
Gereja ini menjadi salah satu ikon dari Kota London, Inggris. Gereja bergaya gothic ini terletak di sebelah barat Istana Westminster dan menjadi bangunan religius paling penting di Inggris. Dibangun sejak abad ke-10, kini Gereja Westminster Abbey termasuk salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Gereja paling angker di dunia
Gereja Westminster Abbey (wikipedia.com)

6. Katedral St. Paul, London (Inggris)
Katedral ini berada di ketinggian Kota London sehingga sangat mudah terlihat keindahannya. Katedral ini dibangun dibangun pada abad ke-17 sebagai dedikasi untuk karya kerasulan Rasul Paulus. Untuk itu, katedral ini diberi nama Katedral Santo Paulus.

Gereja paling angker di dunia
Katedral Santo Paulus (wikipedia.com)


7. Gereja Nativity, Bethlehem (Palestina)
Ini adalah sebuah basilika yang berada di tengah kota Bethlehem, Palestina. Gereja ini dibangun pada tahun 327 oleh Konstantinus. Gereja ini diyakini dibangun di atas tempat kelahiran Yesus Kristus. Saat ini Gereja Nativity sudah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Gereja paling tua
Gereja Nativity (republika.co.id)


8. Gereja Holy Sepulchre, Yerusalem (Israel)
Gereja Holy Sepulchre atau Makam Suci atau disebut juga Gereja Kebangkitan dibangun di Golgota, tempat di mana diyakni Yesus disalibkan dan wafat di sana. Bagi banyak orang Nasrani, tempat ini adalah salah satu destinasi wisata rohani selain Basilika Santo Petrus dan Gereja Nativity di Bethlehem. Bahkan jauh sebelum abad ke-4, gereja ini sudah sering dikunjungi para peziarah.

Gereja paling angker
Gereja Makam Suci (wikipedia.com)

9. Basilika Saint Mark, Venice, (Italia)
Selain destinasi wisata air yang romantis, Venice juga memiliki Basilika Saint Mark sebagai wisata rohani. Basiliki bergaya arsitektur Bizantium ini merupakan gereja yang paling terkenal di Kota Venesia, Italia. Basilika ini dibangun tahun 1650 dan menjadi ikon Kota Venice.

Gereja paling angker
Basilika Saint Mark (wikipedia.com)

10. Katedral Hagia Sophia, Istanbul, (Turki)
Banguna gereja ini mengalami perjalanan sejarah yang panjang dan berliku. Dibangun sebagai gereja Ortodoks Yunani, kemudian menjadi Gereja Katolik, berubah menjadi masjid dan akhirnya dijadikan museum. Dari tahun 537 hingga 1452, Gereja ini difungsikan sebagai Katedral Ortodoks Timur.

Gereja paling angker
Katedral Hagia Sophia (wikipedia.com)

Namun pada tahun 1204 hingga 1261, Gereja ini diubah menjadi katedral Katolik Roma ketika berada di bawah kekaisaran Latin. Katedral Hagia Sophia kemudian menjadi masjid dari tahun 1453 sampai 1921 sebelum akhirnya pada tahun 1935 dijadikan sebagai museum hingga hari ini oleh pemerintahan Turki yang sekuler.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Related Posts

Leave a Reply