Terus Diburu, Ikan Raksasa Amazon Diujung Kepunahan

 Unik

BRASILIA, ISIWAKTU.com – Populasi ikan berukuran raksasa Arapaima di kawasan hutan Amazon, Brazil diprediksi mendekati kepunahan. Pasalnya, ikan berukuran tiga meter tersebut sudah sangat sulit ditemukan sepanjang perairan Amazon.

Padahal sebelumnya, ikan tersebut sangat mudah ditemui di Amazon. Pemancingan dan pemburuan dalam skala besar-besaran menyebabkan ikan Arapaima semakin langka.

Ikan terbesar di dunia
Nelayan di Brazil berburu ikan Arapaima (REUTERS / Bruno Kelly)

Para peneliti yang tergabung dalam Aquatic Conservation: Freshwater and Marine Ecosystems menemukan bahwa ikan tersebut mendekati kepunahan. Dari penelitian yang mereka lakukan, jumlah tangkapan nelayan untuk iken Arapaima menurun drastis.

Ikan yang memiliki bobot hingga 180 kg ini merupakan buruan utama para nelayan sepanjang Sungai Amazon. Ikan Arapaima sering muncul di permukaan setiap 15 menit sekali sehingga sangat mudah ditangkap para nelayan.

Kini, para nelayan pun diingatkan untuk bisa mengurangi perburuan terhadap salah satu ikan air tawar terbesar di dunia tersebut. Pemerintah setempat berencana akan melakukan konservasi terhadap ikan Arapaima.

Selain itu, Badan Perlindungan Brazil juga hanya membolehkan penangkapan Arapaima setahun sekali. Adapun ukuran minimum ikan yang diburu hanya 1,5 meter. Para nelayan tidak menggubris peringatan pemerintah sehingga ikan Arapaima kini mendekatati kepunahan.

Related Posts

Leave a Reply