Buaya ini Mati Disetrum Belut Listrik (Video)

 Unik, Video
Hati-hati dengan hewan yang satu ini karena sangat berbahaya. Berbahaya bukan karena memiliki bisa yang mematikan atau gigi taring yang dapat melumpuhkan mangsa. Sesuai namanya, belut listrik (Electrophorus electricus) tergolong hewan sejenis ikan air tawar yang mampu menghasilkan aliran listrik kuat hingga mencapai 650 volt baik untuk berburu maupun membela diri.

Kendati disebut sebagai belut, pada dasarnya hewan ini termasuk bagian dari ordo Gymnotiformes, yang tidak mencakup keduanya.

Belut listrik atau sidat listrik banyak ditemukan di Sungai Amazon dan Sungai Orinoko serta daerah-daerah lain di sekitarnya. Dalam pertumbuhannya, belut listrik bisa tumbuh mencapai panjang 2,5 m atau 8,2 feet dan berat 20 kg atau setara dengan 44 pound, walaupun pada dasarnya ukuran rata-ratanya adalah 1 meter.

Cara menghasilkan listrik dari belut listrik seperti cara kerja baterai. Nyaris 70% seluruh bagian tubuh belut listrik adalan ekornya. Pada bagian ekor inilah terdapat banyak baterai kecil yang berbentuk lempengan-lempengan kecil dengan susunan horizontal dan vertikal. Jumlahnya sangat banyak, bisa lebih dari 5.000 buah.

Kendati memiliki baterai kecil, tetapi bila semua baterai tersebut dihubungkan secara berderet atau berbentuk rangkaian seri, maka mampu menghasilkan tegangan listrik sekitar 600 volt yang lebih besar dari ukuran normal satu batu baterai yang hanya 1,5 volt. Luar biasaaaa…

Video berikut akan menunjukkan bagaimana berbahayanya belut listrik yang mampu membunuh seekor buaya.

Related Posts

Leave a Reply