Connect with us

Berita

Ketidakpastian Brexit Sebabkan Ekonomi Inggris Alami Perlambatan Ekonomi Terendah

Published

on

Dampak Brexit

Brexit (Foto: Pixabay.com/stux)

London, Kabar2.com – Ketidakpastian Inggris dalam menyelesaikan Brexit membuat pertumbuhan negara itu mengalami keterlambatan. Bahkan, tahun ini perekonomian Inggris secara tahunan tumbuh paling lambat dalam hampir sedekade terakhir ini.

Seperti dilansir dari CNN (11/11/2019), faktor utama penyebab lambatnya pertumbuhan negara kerajaan ini karena isu Brexit (British Exit) yang tak kunjung selesai. Selama triwulan ketiga tahun ini ekonomi Inggris hanya tumbuh 1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Para ekonom menyebut angka ini adalah angka pertumbuhan terendah Negeri Ratu Elisabeth II itu sejak 2010 silam.

Kendati mengalami perlambatan ekonomi yang negatif, Inggris masih bisa terhindar dari jurang resesi di kuartal sebelumnya. Dibanding pertumbuhan ekonomi di kuartal II tahun ini, ekonomi Inggris justru tumbuh 0,3%. Kendati mengalami kenaikan, belum bisa dipastikan perekonomian Inggris bakal memiliki tren positif pada masa mendatang.

Menjelang pemilihan Inggris pada Desember 2019, data-data perekonomian menunjukkan kondisi yang sulit bagi Inggris. Pasalnya, ketidakpastian Brexit yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan menurunnya produktivitas dan iklum investasi di negara itu. Para ekonom senior menyarankan Bank Sentral Inggris untuk memberikan lebih banyak stimulus demi menggenjot pertumbuhan ekonomi yang lebih signifikan.

Ekonom senior Capital Economics, Ruth Gregory, menyatakan bahwa jika ketidakpastian Brexit memudar dan ada stimulus fiskal, Bank Sentral Inggris harus mempunyai kecenderungan untuk memangkas suku buku dalam waktu dekat.

Apalagi data statistik perekonomian Inggris juga menunjukkan kinerja manufaktur cenderung stagnan di kuartal III 2019. Walau defisit neraca perdagangan Inggris cenderung mengalami kenaikan pasca meningkatnya ekspor barang dan jasa, namun Gregory berpandangan bahwa satu-satunya tindakan nyata adalah peningkatan pengeluaran rumah tangga.

Sumber: CNN

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *