Connect with us

Berita

Pelajar Indonesia Raih Emas di Olimpiade Fisika Internasional 2018

Published

on

Tim Indonesia di Olimpiade Fisika Internasional 2018

Lisbon, Kabar2.com – Sekali lagi prestasi membanggakan diukir putra-putri Indonesia di pentas dunia. Kali ini Indonesia kembali meraih prestasi di ajang Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) 2018 di Lisabon, Portugal pada 28 Juli 2018. Tim Indonesia mampu meraih 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu. Semua peserta Indonesia yang mengikuti kompetisi sukses meraih medali.

Menurut laporan Liputan6.com, medali emas diperoleh Johanes Suhardjo dari SMAK Frateran Surabaya. Medali perak dipersembahkan oleh Jason Jovi Brata dari SMAK 1 BPK Penabur Jakarta.

Sementara itu tiga medali perunggu berhasil diraih Bryant Juspi dari SMA Dharma Yudha Pekanbaru, Ahmad Aufar Thoriq dari SMA Semesta BBS Semarang dan Raditya Adhidarma Nugraha dari SMAN 1 Yogyakarta.

Tim Indonesia berkompetisi dengan siswa sekolah menengah dari 87 negara lainnya pada tanggal 21-29 Juli 2018. Pada umumnya setiap negara mengirimkan 5 orang perwakilan siswa.

Menurut Dr. Syamsu Rosid selaku ketua delegasi Indonesia di Olimpiade Fisika Internasional 2018, setiap siswa harus menyelesaikan dua jenis ujian Fisika yakni experimental dan theorretical.

Lebih lanjut, kata Syamsu, para siswa perwakilan Indonesia ini sudah melewati seleksi nasional yang ketat hingga bisa ke ajang internasional. Kelimanya berasal dari provinsi yang berbeda-beda.

Sementara itu Johanes Suhardjo yang sukses membawa pulang medali emas mengaku sangat bahagia bisa mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional. Usai Olimpiade Fisika, Johanes ingin fokus mencari sekolah terbaik untuk melanjutkan studi sarjananya.

Duta Besar RI untuk Portugal, Ibnu Wahyutomo, ikut mengapresiasi kemenangan Indonesia di olimpiade itu. Menurut Dubes Ibnu Wahyutomo, kemenangan anak-anak Indnesia ini menjadi kado manis untuk peringatan ulang tahun kemerdekaan ke-73 RI yang akan berlangsung dua pekan lagi.

Olimpiade Fisika Internasional merupakan sebuah kompetisi tahunan bagi siswa sekolah menengah dari berbagai negara. Kompetisi ini bertujuan untuk mempromosikan ilmu Fisika dan membangun relasi antar siswa di dunia.

Tahun lalu, Olimpiade Fisika Internasional dibuat di kota Yogyakarta, Indonesia. Tel Aviv, Israel terpilih sebagai tuan rumah kompetisi Olimpiade Fisika Internasional tahun depan. Patut ditunggu prestasi tim Indonesia tahun depan.

Sumber: Liputan6

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *