Connect with us

Berita

Tiongkok Ciptakan Robot yang Bisa Urus Tanaman di Rumah

Published

on

Robot Hexa (Foto: www.insidehook.com)

Shanghai, Kabar2.com – Merawat tanaman tentu bukan pekerjaan yang mudah. Selain dibutuhkan ketekunan, juga pengetahuan dasar sehingga tanaman bisa tetap tumbuh dengan subur. Perawatan tanaman yang tak bagus seperti kurangnya cahaya bisa membuat tanaman tumbuh ke samping karena mengikuti cahaya matahari. Hal ini tentu membuat tanaman tumbuh tak sesuai dengan harapan.

Masalah seperti ini disebut efek heliotropic, dimana sistem kehidupan mencari sumber cahaya untuk kelangsungan hidupnya. Apalagi tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis.

Baca: Hacker 17 Tahun ini Curi Data 90 GB Milik Apple

Masalah seperti ini yang menginspirasi sebuah perusahaan asal Tiongkok, Vincross, berhasil menciptakan robot berkaki enam mirip kepiting. Robot ini dibuat langsung oleh sang CEO, Tianqi Sun.

Robot yang diberi nama Hexa ini membawa tanaman di punggungnya. Hexa ditugaskan untuk merawat tanaman di rumah agar mendapatkan air dan sinar matahari yang cukup. Semua demi perkembangan dari tanaman untuk tetap tumbuh subur.

Baca: 

Hexa hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang tidak begitu memahami bagaimana cara merawat tanaman yang baik. Robot cerdas ini menjadi asisten untuk merawat tumbuhan di rumah.

Robot kepiting ini diprogram khusus untuk membantu merawat tanaman di rumah. Hexa akan mencari cahaya yang cukup bagi tanaman dan juga mengingatkan sang pemilik untuk memberi air bagi tanaman.

Ide awal robot ini bermula saat sang pembuatnya, Tianqi Sun, melihat sebuah bunga matahari yang mati di sebuah pameran. Bunga matahari itu berada di tempat yang kurang mendapatkan cahaya.

Hal ini mendorong Tianqi Sun untuk berinovasi menciptakan sebuah robot yang bisa membantu membantu kerja manusia untuk merawat tanaman di rumah. Saat ini Hexa baru diproduksi di Tiongkok dan siap menjajal pasar dunia. Akankah robot imut ini juga dijual ke pasaran Indonesia? Patut kita tunggu ya.

Sumber: Inside Hook

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *